Objek wisata di Kabupaten Jembrana Bali

Objek wisata di Kabupaten Jembrana Bali

Objek wisata di Kabupaten Jembrana Bali sangatlah beragam dan bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata untuk menghabiskan akhir pekan anda bersama keluarga.  Kabupaten Jembrana merupakan kabupaten yang terletak di ujung Barat Bali. Kabupaten Jembrana terbagi menjadi 4 kecamatan dengan total 51 Kelurahan. Kabupaten Jembrana banyak memiliki wisata pantai dan pegunungan yang penuh dengan tempat-tempat wisata menarik yang serta ditunjang dengan kesenian khas Kabupaten Jembrana yang berupa Jegog mekepung.

Objek wisata di Kabupaten Jembrana Bali

Objek wisata di Kabupaten Jembrana Bali
Objek wisata di Kabupaten Jembrana Bali
Berikut beberapa tempat wisata di Kabupaten Jembrana yang patut dikunjungi :
  1. Sangkaragung
  2. Taman Nasional Bali Barat
  3. Bunut Bolong
  4. Pantai Pengeragoan
  5. Pantai Medewi
  6. Pura Rambut Siwi
  7. Delod Berawah
  8. Pantai Perancak
  9. Pantai Baluk Rening
  10. Pantai Candikusuma
  11. Bendungan Palasari
  12. Gilimanuk
  13. Musium Manusia Purba
  14. Taman Wisata Air Gumbrih

Sebagian tempat wisata di Bali bagian Barat berada di jalur perlintasan transportasi dari Jawa menuju ke Bali dan sebaliknya. Namun tidak seperti kawasan wisata pantai lainnya di bali yang ramai, pantai-pantai berpasir hitam di Jembrana lebih cenderung sepi walaupun dilintasi oleh jalur Jawa Bali yang ramai. Dan hanya dihuni oleh para penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Selain wisata pantai, Kabupaten Jembrana juga menawarkan tempat wisata lain yaitu Taman Nasional Bali Barat yang merupakan kawasan pelestarian fauna dan flora khas pulau bali. Salah satu satwa langka yang dilindungi di Taman Nasional Bali Barat yaitu Jalak Bali.

Selain itu Taman Nasional Bali Barat juga berperan sebagai kawasan yang dimanfaarkan untuk kepentingan pendidikan, penelitian, rekreasi dan menunjang budidaya. Selain objek wisata alam, Kabupaten Jembrana juga menawarkan tempat rekreasi buatan yang diberi nama Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Brawah. Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Brawah merupakan sebuah taman rekreasi yang dilengkapi dengan kolam renang air laut. Fasilitas kolam ini pun cukup lengkap disediakan pula tempat bilas dan kamar mandi yang berdiri megah. Direncanakan pula akan dibangun taman-taman bermain untuk anak-anak. Untuk masuk ke Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Brawah pada hari-hari biasa /umum anda akan dikenakan tarif tiket masuk bagi anak-anak Rp 1.500, dewasa Rp 3.000,-. Khusus untuk anak sekolah dengan jumlah 50 orang lebih dikenai tiket per orang Rp 1000,-

Ada juga obyek wisata Bendungan Palasari yang berlokasi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, sekitar 26 Km ke arah barat dari kota Negara. Bendungan Palasari berfungsi sebagai antisipasi bencana banjir, pengairan, perikanan serta tempat rekreasi. Bendungan Palasari cocok untuk wisata air serta wana wisata di daerah sekitarnya. Jika anda ingin mengelilingi Bendungan Palasari, juga sudah disiapkan perahu-perahu untuk para wisatawan.

Jika anda ingin mencoba berwisata sejarah, Kabupaten Jembrana siap menyuguhkan anda dengan wisata di Moesium Gilimanuk. Moesium Gilimanuk merupakan tempat penyimpanan temuan-temuan arkeologis seperti kerangka manusia, tempayan,  gelang dari kayu dan kerang, mangkuk dari tanah, periuk kecil, tajak, manik manik, kendi, mata kail,  sarkopagus. Pendirian Moesium Gilimanuk sebagai langkah penyelamatan terhadap penemuan-penemuan arkelogis sejak tahun 1963 oleh para ahli di Indonesia. Beberapa ahli tersebut antara lain : Prof DR R Soejono dan Prof DR T Jacub. Dari penelitian tersebut ditemukan ratusan rangka manusia  dengan ciri ciri Ras Mongolid yang diperkirakan hidup pada akhir masa Prasejarah. Itulah beberapa referensi tempat wisata di bali khusunya di Kabupaten Jembrana, Bali Barat. 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by rex regan, Published at 11:59 AM
Travel Blogs
Top Sites
Copyright © 2013 Tempat Wisata Bali | Contact | Disclaimer | Privacy Policy