Berwisata di Pura Luhur Uluwatu Bali

Berwisata di Pura Luhur Uluwatu Bali

Tempat wisata Pura uluwatu di Bali - Bali oh Bali, begitu banyak pesona dari pulau ini yang membuat kita selalu berdecak kagum. Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal sebagai destinasi favorit para wisatawan. Baik dari dalam negeri maupun dari manca negara. Dengan berbagai keindahan dan pesonanya tak heran jika Bali menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang paling ramai dikunjungi. Terutama jika memasuki musim liburan seperti libur panjang sekolah atau pergantian tahun. 

Tempat wisata Pura Uluwatu di Bali

Tempat wisata pura uluwatu Bali
Tempat wisata pura uluwatu Bali
Sebut saja semisal pantai kuta, pantai dreamland, yang menjadi tempat tempat yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Atau bahkan Ubud yang sempat menjadi tempat syuting salah satu film Hollywood. Semua itu ada di Bali. Namun Bali bukan hanya pantai. Masih banyak tempat menarik lainnya. Salah satunya adalah Pura. Pura merupakan tempat sembahyang bagi para penganut hindu, yang merupakan agama masyoritas penduduk di Bali. Bahkan Bali sering dijuluki dengan Pulau Seribu Pura. Karena hampir dengan mudah kita jumpai pura pura disetiap rumah rumah penduduk Bali. Salah satu kawasan yang terkenal dengan wisata religinya berada di Bali Timur. 

Salah satu contoh Pura yang terkenal dan menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang banyak dikunjungi adalah Pura Uluwatu atau sering disebut Pura Luhur Uluwatu. Pura Luhur Uluwatu berlokasi di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, lebih kurang 25 km ke arah selatan dari wilayah Kuta. Pura Uluwatu berdiri kokoh diatas sebuah bukit karang yang terjal dan tinggi. Kurang lebih 97 meter dari permukaan air laut. Pura Uluwatu sering disebut sebagai Pura Sad Kayangan yang merupakan tempat penyangga 9 arah mata angin.

Pura Uluwatu pada mulanya digunakan sebagai tempat memuja Empu Kuturan. Ia merupakan seorang pendeta yang menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya. Kemudian Pura ini juga dipakai untuk memuja pendeta suci berikutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali pada akhir tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan Moksah atau Ngeluhur di tempat ini. Kata inilah yang menjadi asal nama Pura Luhur Uluwatu

Pura ini menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang ramai dikunjungi. Salah satunya karena Pura Uluwatu memiliki pemandangan sunset yang begitu bagus. Selain itu pantai pecatu dibawahnya memiliki ombak yang bagus, tak heran jika sering diadakan lomba selancar dipantai ini. Dilokasi Pura juga sering diadakan tari kecak, yang merupakan kesenian tari tradisional Bali. 

Uluwatu memang terkenal sebagai tempat yang menyuguhkan keindahan pemandangan sore hari. Pemandangan sunset dengan warna langitnya yang kemerahan serta pemandangan bulat matahari yang dengan perlahan nampak seperti bersembunyi di balik luasnya lautan tak pelak membuat Uluwatu menjadi tempat wisata yang paling dicari di Bali. Bukan hanya itu saja, lokasi tempat ini juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata lainnya seperti GWK, pantai Dreamland, Balangan dan pantai Pandawa.

Tunggu apalagi, segera persiapkan koper Anda, dan kunjungi tempat wisata Pura Uluwatu di Bali

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by rex regan, Published at 10:47 AM
Travel Blogs
Top Sites
Copyright © 2013 Tempat Wisata Bali | Contact | Disclaimer | Privacy Policy