Aneka Kuliner Khas di Lombok yang wajib dicoba

Aneka Kuliner Khas di Lombok yang wajib dicoba

Aneka kuliner khas di Lombok yang wajib dicoba  - Terasa tidak lengkap liburan anda ,jika belum mencicipi aneka kuliner khas di Lombok. Rasa dan penyajian yang berbeda dan khas membuat lidah anda ketagihan untuk selalu mencoba dan merasakannya berulang ulang.

Sate Bulayak
Kuliner khas satu ini memiliki keunikan tersendiri  dalam hal cara makan dan penyajian. Bulayak merupakan nasi sejenis lontong yang dibungkus menggunakan daun aren dan dibentuk seperti spiral sehingga untuk membukanya Anda harus melakukan gerakan memutar.

Aneka Kuliner Khas di Lombok

Aneka Kuliner Khas di Lombok
Ayam taliwang
Pembungkusannya dilakukan dengan cara melilit daun lontar dari ujung keujung lontong, cara melilit ini di Lombok disebut Bulayak, oleh sebab itu sate ini disebut Sate bulayak, karena si sate selalu berdampingan dengan lontong lilit setiap kali tampil.Untuk satenya sendiri terbuat dari daging sapi dan bumbu khas Sasak. Umumnya, sate ini hanya dapat Anda temukan di beberapa tempat wisata seperti di Taman Suranadi, Pura Lingsar, dan di Taman Narmada.

Bebalung
Bebalung sebenarnya hanyalah sop bening biasa berbahan balungan-balungan dari tulang-tulang sapi atau tulang iga kerbau yang biasanya dimakan sebagai menu sarapan. Yang membedakan nya dari sop daging biasa adalah racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memiliki ciri khas tersendiri. enyajian Bebalung biasanya dengan mangkok dan ditaburi bawang merah goreng berikut dengan nasi putih.

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang paling populer di kalangan masyarakat. Biasanya, makanan ini diolah dengan beberapa pilihan cara sesuai dengan selera para konsumen, misalnya digoreng, dibakar, ataupun di panggang. Kelezatan ayam ini semakin bertambah dengan penggunaan bumbu yang sangat pedas.


Dua jenis bumbu yang digunakan untuk hidangan ini adalah “pelecingan” dan “pelalah”. Pelecingan adalah bumbu yang super pedas dibuat dari cabai merah dan kecil, garam, terasi dan kemiri. Sedangkan pelalah menggunakan santan dan sedikit terasi, digoreng bersama ayam yang sudah dipotong. Bumbu ini rasanya tidak terlalu pedas. Lauknya beberoq, yakni berupa lalapan terung, mentimun dan bawang merah yang dirajang serta dicampur bumbu sambal tomat. 

Setelah puas menyantap berbagai aneka kuliner khas lombok, selanjutnya kita jalan-jalan ke 5 tempat wisata di pulau lombok yang wajib dikunjungi.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by rex regan, Published at 1:03 PM
Travel Blogs
Top Sites
Copyright © 2013 Tempat Wisata Bali | Contact | Disclaimer | Privacy Policy