Daftar Wisata Budaya di Lombok

Daftar Wisata Budaya di Lombok

Daftar Wisata Budaya di Lombok - Berlibur sambil belajar budaya. Nah , slogan itu dapat anda jadikan referensi ketika sedang liburan. Bagi anda yang hobi traveling, jangan melewatkan Pulau Lombok sebagai tujuan destinasi liburan anda. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang sangat luar biasa, ternyata wisata budaya tidak kalah menakjubkan yang wajib anda pelajari dan kunjungi.

Daftar Wisata Budaya di Lombok

Tenun wanita Suku Sasak

Nah, berikut daftar wisata budaya di Lombok: 

Wisata budaya di Desa Sade, Rembitan 
Ditetapkannya sebagai desa sadar  wisata, menjadikan daerah ini berkomitmen untuk selalu mempertahankan budaya ditengah globalisasi. Daftar wisata budaya yang harus anda kunjungi: 

• Beragam jenis Bale yang memiliki fungsi beraneka ragam yakni Bale Tani, Bale Jajar, Sekenam, Bale Tajuk, Bale Bonter.

• Tenun wanita suku sasak 
Menurut kepercayaan masyarakat, wanita suku sasak tidak boleh menikah sebelum bisa membuat sendiri kain tenun. 

• Pagelaran seni tari Gendang Beleq
Merupakan alat musik tradisional suku sasak di Lombok berfungsi menyambut tamu.

• Seni bela diri Peresean
Peresean menggunakan sebatang rotan sebagai senjata yang berbentuk persegi empat terbuat dari kulit rusa atau kulit sapi betina. Target dari dagu ke atas.

Desa Adat Segenter
Desa Segenter ini merupakan desa adat tertua di Lombok, didiami oleh suku Sasak asli. Terletak di Jalur pantai Barat Pulau Lombok, berjarak 90 km dari Kota Mataram. Bangunan rumah adat di Segenter berbahan baku bambu. Mulai dari tiang, pusuk dinding, pintu hingga tepat penyimpanan barang-barang berharga, sedangkan atapnya sebagian besar berbahan alang-alang. Lantai rumah dari tanah liat yang dicampur kotoran sapi, dan terdapat berugaq yang merupakan balai tempat menerima tamu di setiap antara dua rumah yang berhadapan, adalah beberapa di antaranya.

Festival Bau Nyale
Pesta Bau Nyale (menangkap nyale) adalah upacara perburuan cacing laut di Pantai Seger Kuta, Lombok (PantaiSelatan). Tradisi menangkap Nyale dipercayai akibat pengaruh keadaan alam dan pola kehidupan masyarakat tani yang mempunyai kepercayaan yang mendasar akan kebesaran Tuhan, menciptakan alam dgn segala isinya termasuk binatang sejenis Anelida yang disebut Nyale. 

Untuk daftar lengkap tempat wisata di Pulau Lombok, anda bisa baca disini.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by rex regan, Published at 11:40 AM
Travel Blogs
Top Sites
Copyright © 2013 Tempat Wisata Bali | Contact | Disclaimer | Privacy Policy