Referensi Makanan Tradisional di Lombok Yang Wajib Dicicipi

Referensi Makanan Tradisional di Lombok Yang Wajib Dicicipi

Referensi Makanan Tradisional di Lombok Yang Wajib Dicicipi - Setiap daerah memiliki makanan tradisional dengan menu dan rasa yang berbeda-beda. Begitu juga dengan Pulau Lombok, di pulau ini menyajikan makanan tradisional yang tentunya dengan citarasa, resep dan cara penyajian yang khas. Penasaran ? simak pembahasan mengenai makanan tradisional di Lombok berikut ini:
Makanan Tradisional di Lombok
Makanan Tradisional di Lombok

1. Sayur Ares
Ares adalah makanan tradisional khas suku sasak – Lombok. Masakan ares ini bahan utama nya terbuat dari sayur pohon pisang yang masih muda dan sudah dibuang kulit luarnya yang keras. Masakan khas Lombok ini memilih batang pohon pisang kepok untuk membuatnya.Tidak mudah menemukan sayur Ares ini, karena makanan yang satu ini dapat kita temukan hanya pada momen-momen tertentu seperti acara hajatan, pernikahan dan upacara-upacara adat yang lainnya.  Jangan tanya soal rasa, rasanya luar biasa enaknya.

2. Nasi Balap Puyung
Sesuai dengan namanya, masakan tradisional  ini berasal dari desa Puyung, Lombok Tengah. Seorang Inaq (ibu) Esun menciptakan masakan yang akhirnya menjadi legenda ini. Berdasarkan keterangan pada buku Menu di warung makan Inaq Nasun, Nama Balap Sendiri diambil dari hobi cucu nya yang memang seorang pembalap terkenal dari Lombok Tengah, jadilah nasi pedas itu terkenal dengan Nasi Balap Pucung. Makanan ini disajikan dengan suwiran daging ayam yang dimasak bersama dengan kacang kedelai, abon, cabai, udang kering dan juga belut goreng. Makanan tradisional satu ini terkenal dengan rasanya yang super pedas.

3. Plecing Kangkung
Plecing kangkung merupakan makanan tradisional di Lombok dengan kangkung sebagai bahan dasarnya. Biasanya, makanan ini juga dihidangkan dengan campuran kacang goreng dan juga taoge yang berperan sebagai penetralisir rasa pedas dari makanan ini. Penyajian plecing yang khas dan enak dikarenakan diberi sambal tomat dan parutan  kelapa yang sudah dioseng terlebih dahulu diatasnya. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan bentuk lingkaran. Dimulai dengan lingkaran besar kemudian diatas ada lingkaran yang lebih kecil seterusnya mengerucut hingga ke atas. Tujuan penyajian seperti ini agar bahan sayur dan sambal bisa terlihat semua dari atas

Itulah 3 makanan di Lombok yang wajib dicicipi saat liburan ke Lombok. Jangan lupa kunjungi 3 air terjun di lombok yang paling indah saat liburan ke Pulau Lombok.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by rex regan, Published at 10:57 AM

About Us

Travel Blogs
Top Sites
Copyright © 2013 Tempat Wisata Bali | Contact | Disclaimer | Privacy Policy